Audit NKV PT. Vadco Prosper Mega, Kandidat Eksportir Suplemen Hewan Kesayangan

Pembinaan Higiene Sanitasi Unit Usaha Produk Hewan yang memproduksi suplemen untuk hewan kesayangan di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 September 2020. Pelaksanaan tugas berdasarkan Surat Perintah Tugas dari Direktur Kesmavet.  Koordinasi dilakukan dengan tim Auditor NKV dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat. menindaklanjuti Surat dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Nomor 524.3/2434-Kesmavet tanggal 12 Agustus 2020 perihal Permohonan Bantuan Auditor untuk melakukan audit NKV pada PT. Vadco Prosper Mega yang berencana akan melaksanakan ekspor. Oleh karena itu Direktur Kesmavet menugaskan Tim Auditor dari Direktorat Kesmavet yang terdiri atas Drh. Septa Walyani MSi, Drh. Eko Susanto MSi, dan Drh. Anis Trisna Fitrianti MSi untuk dapat bergabung dengan Tim Auditor dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan audit NKV tersebut.

Audit NKV di PT. Vadco Prosper Mega dilaksanakan pada tanggal 9-10 September 2020. PT Vadco Prosper Mega beralamat di Jalan Simpang Parakan Muncang Km 9 Nomor 79 Desa Haurgombong Kecamatan Pamulih Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Unit usaha ini memproduksi obat hewan yang salah satu diantaranya adalah premiks dengan bahan baku mengandung susu skim sekitar 5 % sehingga diperlukan sertifikat NKV. Unit usaha PT. Vadco Prosper Mega berencana akan melakukan ekspor produk premiksnya ini ke Belanda dan Norwegia.

Kegiatan audit NKV ini meliputi audit dokumen dan audit lapang. Tim auditor NKV dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat terdiri atas Drh. Nani Hendrayani dan Drh. Fatia Yusra. Kegiatan audit ini juga dihadiri perwakilan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumendang yaitu Drh. Dyah Siswati. Auditee dari PT. Vadco Prosper Mega yaitu Drh. Clara Pusparani selaku Direktur, Maman Mansyur selalu Plant Manager, dan Drh. Ratna M. Sari selaku Registrasi Officer.

Seluruh temuan ketidaksesuaian dan saran perbaikan telah disampaikan kepada tim auditee pada saat exit meeting. Pihak PT. Vadco Prosper Mega bersedia melakukan perbaikan atas berbagai temuan tersebut dan sanggup menyelesaikan dalam waktu yang telah disepakati bersama yaitu 30 hari kerja.

Permasalahan dan Solusi

Berdasarkan hasil pelaksanaan audit NKV ini masih ditemukan tujuh hasil temuan ketidaksesuaian sehingga diharapkan unit usaha segera melakukan perbaikan dan melaporkan hasil perbaikan kepada Tim Auditor secara resmi disertai bukti-bukti telah melakukan perbaikan agar sertifikat NKV dapat segera diterbitkan.

Unit usaha PT. Vadco Prosper Mega yang berencana untuk melakukan ekspor produk premiks untuk hewan kesayangan yang mengandung susu. Oleh karena itu unit usaha ini harus segera memiliki sertifikat NKV Level 1. Diharapkan rencana ekspor ini dapat berjalan sesuai dengan harapan dan produk asal hewan yang dihasilkan memenuhi persyaratan negara tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *